Apr 15, 2008

Sunyalangu oh Sunyalangu

Sunyalangu. Itulah nama desa dimana aku dilahirkan. Tepatnya desa sunyalangu dulunya merupakan salah satu yang sempat mendapatkan predikat desa tertinggal di kecamatan karang lewas. Letaknya di ujung utara kota purwokerto. Untuk sampai ke desa Sunyalangu dari terminal purwokerto menuju ke barat arah pasar karanglewas. Setelah itu naik angkutan pedesaan warna ungu terong A-1. Bagi yang mau berkunjung ke Sunyalangu bila belum pernah harap berhati-hati. Lebih-lebih bila memakai kendaraan. karena medan jalan yang dilalui meskipun sudah beraspal tapi cukup sulit bagi yang belum terbiasa. Karena jalannya sangat menanjak. Itu terjadi ditanjakan Babakan, yakni satu desa sebelum sampai ke sunyalangu. Desa ini sebelah utara berbatasan dengan hutan lindung. Sampai saat ini Desa Sunyalangu memiliki 1 Sekolah SMP. 3 SD 2 MI 2 Taman kanak kanak. 2 Pondok pesantren. Sekolah-sekolah itu adalah SMP Negeri 03 karang lewas. SDN 1 & 2 Sunyalangu, MI Maarif NU 01, MI Muhammadiyah. Desa Sunyalangu terbagi menjadi beberapa grumbul. Antara lain : Grumbul Karangtengah Lor, Karang tengah Kidul, Sunyalngu Kota, Walangsanga, Kejubug, Cibun dan Semaya.
Saya selaku anak sunyalangu sebenarnya sangat bangga dengan desaku. tapi sayangnya sampai saat ini aku belum bisa memberikan kontribusi yang berarti buat desaku. Maafkan aku. Tapi mudah-mudahan setelah nanti aku bisa balik ke sana lagi dan menetapkan diri untuk tidak merantau lagi, aku berharap aku bisa berbuat yang terbaik disana. Harapanku ingin sekali mendirikan perpustakaan terbuka dan gratis untukmu. Untuk teman-teman, dan anak-anak yang pada masih mau ngaji, belajar di surau, masjid-2 dan yang sangat aku banggakan yang lagi pada mau ngapalin al-qur'an, saya dukung banget teruskan ! jangan berhenti pastinya al-qur'an itu bawa berkah. Mas Rohman, aku nitip Sunyalangu padamu. Gembleng terus anak-anak yang masih kecil itu dengan al-qur'an. Semoga Allah memanjangkan umurmu!

No comments: