Jan 13, 2011

2 Tips Optimasi SEO

Mbah soleh sebenarnya ra ngerti babar blas (nggak tau sama sekali) apa itu seo, tapi mbuh kepriwe carane sing penting nek ana wong takon mbah google tentang seo, (entah gimana caranya jika ada orang bertanya mbah google tentang seo,) Mbah soleh, maunya blog mbah soleh sing dadi nomer siji ( yang jadi urutan pertama), tapi nyatane susah banget, susah banget - susah banget, mbuh piye carane bloge mbah soleh kon dadi urutan pertama... dadi tek coba2 artikel-artikel tentang belajar seo. Lage nembe mbah soleh mlaku-mlaku golet artikel tentang seo, terus kepenginne  bisa update postingan tentang seo, tapi ra ngerti, jadi karena khawatir salah posting tentang seo, 2 tips optimasi seo dari blog kawan mbah soleh coba postingkan apa adanya sebelum mbah soleh bisa nulis sendiri,

2 Tips Optimasi SEO

Optimasi Internal – On Site Optimization
  • Submit URL. Caranya daftarkan website/ blog panjengan ke 4 search engine dunia, yaitu Google, Yahoo, Bing dan Alexa secara manual. Jika website Anda belum terindex di search engine, daftarkan website Anda secara manual, jangan menggunakan software yang banyak di internet. Jika website Anda sudah terindex, Anda boleh submit menggunakan software tapi jangan terlalu sering.
  • Optimasi Meta Tag. Meta tag terdiri dari Judul, deskripsi, kata kunci. Antara judul, deskripsi dan kata kunci harus relevan. Kata kunci juga harus diletakkan di judul, deskripsi dan kata kunci.
  • Body Content. Body Content terdiri dari Alt tag, image tag, anchor text, H1-H6, dan Keyword density. Usahakan menggunakan kata kunci dan relevan dalam membuat body content. Keyword density / Kepadatan kata kunci adalah nilai perbandingan antara kata kunci yang Anda pilih dengan seluruh satu halaman website. Kepadatan kata kunci yang baik antara 2-3%. Jangan lebih dari 3% karena website Anda akan di anggap melakukan spamming.
    Kepadatan kata kunci juga memiliki pengaruh signifikan terhadap peringkat website di search engine. Konten harus mengandung kata kunci dan relevan dengan topik. Jangan mengambil materi dari website lain karena akan duplikat konten. Tips untuk menghindari duplikat konten, Anda bisa ambil point-point pentingnya saja lalu tulis ulang dengan gaya bahasa Anda sendiri.
Anda dapat menggunakan Free SEO Tools dari IBP untuk membantu mengoptimalkan Website Anda. IBP akan menganalisis website Anda dengan kata kunci yang Anda pilih dan memberikan nilai untuk website Anda. IBP juga melakukan perbandingan antara website Anda dengan 10 besar website kompetitor Anda.
Jika optimasi internal Anda berhasil maka Page Rank (PR) website Anda akan naik dan Alexa akan mulai mengecil. PR menilai tingkat relevansi antara kata kunci dengan website Anda. Sampai tahap ini, 50% optimasi SEO sudah berhasil.
Optimasi Eksternal – Off Page Optimization
Yang termasuk dalam optimasi eksternal adalah link building. Link Building adalah membangun jumlah link dari website lain yang mengarah ke website kita dengan memperhatikan relevansi konten. Meningkatkan jumlah backlink ke website Anda adalah salah satu taktik terbaik untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.
Seperti tips optimasi seo on-site, melihat kompetitor adalah cara yang baik untuk menentukan seberapa banyak link masuk yang Anda butuhkan untuk mengalahkan kompetitor Anda. Mebuat backlink bisa sederhana namun bisa sangat sulit. Tergantung seberapa banyak jumlah backlink kompetitor yang dibutuhkan untuk meningkatkan ranking.
Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink, antara lain Artikel Marketing, Forum Signature, Blog Commenting, Social Bookmarking, Social Networking, Link Exchange, Banner Exchange dan Press Release.
Semakin banyak website Anda mempunyai backlink dari website yang relevan dan mempunyai PR tinggi, maka search engine akan memberikan rate yang tinggi untuk website Anda. Jadi penting untuk menghindari situs berkualitas rendah karena search engine lebih melihat kualitas bukan kuantitas. Demikian pula dengan forum signature dan blog commenting harus dibatasi dengan website yang sangat relevan dengan kata kunci dan yang memiliki peringkat yang bagus. Usahakan juga website tersebut mempunyai rel do follow.
On Site Optimization and link building adalah tips optimasi SEO dasar yang sudah cukup membuat website Anda mendapat ranking 10 besar di search engine dan mendapat ribuan pengunjung setiap harinya. Tips optimasi SEO lainnya yang banyak beredar di internet hanya sebagai tambahan, karena intinya adalah 2 tips optimasi SEO di atas dan jangan lupa untuk update konten website anda secara teratur terutama untuk blog.
Semoga berguna….
Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share ke Lintas Berita, InfoGue, Astaga, dan AntarBlog. Thanks…

 Begitu adanya mbah soleh yang lagi belajar seo, suka-suka berbagi tau ....

1 comment:

  1. Terima kasih atas artikel ini. kontennya sangat menarik, aq suka dengan signature pada forum seperti yang direferensikan pada artikel ini

    ReplyDelete