Apr 13, 2008

MENGENAL AL-MAKTABAH ASY-SYAMILAH :

MENGENAL AL-MAKTABAH ASY-SYAMILAH :

PERPUSTAKAAN KITAB KUNING DIGITAL

DENGAN 1800 KITAB DALAM 29 BIDANG ILMU KEISLAMAN

Pengantar

Kitab kuning yang selama ini mungkin hanya bisa dinikmati melalui tulisan di kertas, baik di kertas kuning (sehingga disebut kitab kuning) maupun di kertas putih, sulit ditemukan, berharga cukup mahal, dan butuh perawatan khusus, kini tersedia dalam bentuk yang ringkas dan memudahkan: software. Dan yang paling membahagiakan, software ini tersedia secara cuma-cuma. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah kepada Al-Meskhat (http://www.almeshkat.info), pihak yang telah bekerja keras demi tersedianya software ini.

Kitab kuning dalam bentuk software ini bernama Al-Maktabatusy Syamilah, Al-Isdhar 2 (Pustaka Lengkap, Versi 2) dan terdiri atas 1800 (seribu delapan ratus) kitab yang dikelompokkan dalam 29 bidang keilmuan. Kitab berupa program komputer ini sangat praktis karena tidak membutuhkan ruang besar untuk menampung ribuan kitab yang masingmasing bisa jadi terdiri atas puluhan juz. Kitab dalam bentuk seperti ini juga tidak membutuhkan perawatan yang berarti.

Melihat betapa besar manfaat software tersebut, Nahdlatul Ulama Nihon (NU Nihon) tergerak untuk ikut menyebarkannya ke pesantren dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini diharapkan mendorong para ulama dan kiai agar lebih produktif menulis kitab, lebih berwawasan dalam membahas masalah keagamaan (bahtsul masaa’il), dan lebih berbobot dalam mendidik santri.

Bidang Ilmu dan Jumlah Kitab

Kitab kuning elektronik ini berisi banyak sekali kitab yang mencakup berbagai bidang:

(1) Tafsir (52 kitab), meliputi: Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dsb.

(2) Ulumul Qur'an (43 kitab), meliputi I’rabul Qur’an, Asbabu Nuzulil Qur’an, Al-Itqan, Misykatul Anwar, Fadlailul Qur’an, Majazul Qur’an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur’an lisy Sayfi’iy, Ahkamul Qur’an li Ibni Arabiy, dsb.

(3) Fiqih (64 kitab) yang terdiri atas 17 kitab madzhab Imam Syafi’iy, 14 kitab madzhab Imam Maliki, 17 kitab madzhab Imam Hanafi, dan 14 kitab madzhab Imam Hambali. Sebagai contoh, untuk madzhab Imam Syafi’iy tersedia kitab Al-Umm, I’anatuth Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu’in, Asnal Mathalib, Al-Majmu’, Raudlatuth Thalibin, Hasyiata Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dsb. Sementara untuk madzhab Imam Maliki termuat kitab Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dsb.

(4) Tasawuf/Akhlak, meliputi kitab Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, dsb.

(5)Umum, yang memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta’tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu’ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam’iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur’anil Karim, Jam’ul Qur’anil Karim fi ‘Ahdi Khulafair Rasyidin, dsb.

(5) Ushul Fiqh, Mushtalah Hadits, Sastra, Sejarah, Kamus, Ensiklopedi, dan sebagainya yang mencakup 29 bidang ilmu dengan total 1800 kitab.

Fasilitas

1. Mencari Kitab

Satu di antara kemampuan utama software ini adalah mencari dan membuka kitab apa pun dengan mudah dan cepat berdasarkan:

(1) Juz atau nomor halamannya.

(2) Index judul atau bidang keilmuan.

(3) Penggalan kata. Bila kita memasukkan kata "ihya" dalam kotak pencarian, maka akan diantarkan daftar kitab yang di judulnya memuat kata "ihya".

2. Mencari Ibarat

Ibarat adalah keterangan ayat, hadits, fatwa, atau pembahasan yang terkait dengan kata kunci (keywords) yang dimasukkan. Pencarian itu dilakukan dengan memasukkan sebuah kata, dan software akan mencarinya di seluruh kitab. Bila terlalu banyak hasil pencariannya, bisa pula dibatasi pada nama kitab tertentu atau pada bidang ilmu tertentu saja. Misalkan pembahasan "makmum masbuq" dapat diperoleh dari kitab-kitab di bidang Hadits, Fiqih (madzhab empat), Kitab Ihya, dsb.

Pencarian kata itu di dalam 1800 kitab bisa dilakukan, akan tetapi jelas memakan waktu dan mungkin tidak semuanya berkait langsung dengan yang diinginkan. Maka dengan membatasinya hanya pada Kitab Majmu’ saja mungkin akan lebih terarah atau bahkan lebih luas lagi, yakni dicari di seluruh kitab fiqih dalam madzhab Imam Syafi'iy. Daerah pencarian juga bisa digabungkan dari bidang yang berbeda, misalnya dari bidang fiqih madzhab Imam Syafi'iy ditambah madzhab Imam Maliki, ditambah bidang Tafsir, dan bidang Akhlaq (yg didalamnya ada Ihya Ulumiddin), dsb.

Contoh: Kita ingin mencari judul, juz, dan nomor halaman kitab-kitab dari madzhab Imam Syafi’iy yang memuat kata "sya’ban". Langkah-langkah pencariannya adalah sbb:

1. Klik tombol pencarian (icon bergambar teropong)..

2. Ketikkan keyword "sya’ban"

3. Blok Fiqih Syafi’iy

4. Klik tombol Al-Majmu’ah Kulluha

5. Klik icon bergambar teropong pada jendela tersebut.

3. Kemampuan Tafsir

Software ini juga menyediakan fasilitas tafsir. Terhadap satu ayat yang sama, 45 kitab tafsir dapat dirujuk sekaligus.

1. Klik icon tafsir (Al-Qur’anul Karim wa Tafsiruhu).

2. Pilih surat dan ayat yang akan ditafsirkan.

3. Tentukan tafsir apa yang akan dibaca (dari 45 tafsir yang ada).

Download Software

Software berukuran hampir 800 MB ini dapat didownload di:

1. Al-Meskhat

Jika Anda hanya ingin menyimpan dan meng-install software ke dalam hard-disk, maka Anda bisa mendownload dari website aselinya: http://www.almeshkat.info/shamela.exe

2. NU Nihon

Jika Anda juga berencana menyimpan software tersebut ke dalam compact disk (CD) untuk kemudian di-install di komputer yang lain, maka Anda bisa men-download-nya dari website NU Nihon: http://www.nunihon.org/DownloadNU/CDKitab1/

Mengingat ukuran CD yang hanya 700 MB, file disajikan dalam keadaan terpecah-pecah sehingga bisa disimpan ke dalam 2 (dua) keping CD:

(1) 2 file: shamela.exe.001 dan shamela.exe.002

(2) 9 file: shamela.exe.001 s.d. shamela.exe.009

Pemecahan ke dalam 9 file ditawarkan untuk mengantisipasi lambat dan tidak stabilnya koneksi internet di beberapa tempat. Selain itu, penggunaan program bantu download dengan kemampuan resume sangat dianjurkan, seperti Download Accelerator Plus (www.speedbit.com) dan Free Download Manager (www.freedownloadmanager.org).

Untuk menyimpan file-file tersebut ke dalam CD, komputer harus dilengkapi dengan CD Writer dan CD Burner. Untuk menggabungkan semua file tersebut, bisa digunakan program aplikasi HJ-Split yang juga sudah tersedia di website NU Nihon (file: hjsplit.exe).

Cara Install

Spesifikasi Komputer yang Dibutuhkan

1. Sistem operasi: Microsoft Windows Arabic (Win95 Arabic atau Win98 Arabic) atau WinXP yang di-enable arabic-nya. Cara untuk mengaktifkan feature arabic dijelaskan di bawah.

Catatan: CD source Windows biasanya dibutuhkan ketika mengganti setting WinXP ke Arabic.

2. Ruang kosong di hard-disk minimal 4.2 GB, dengan perincian file aseli sebesar 789 MB dan file hasil ekstraksi yang meliputi file program 137 MB dan file data 3.18 GB.

3. Memory (RAM) minimal 128 MB.

Langkah-langkah Instalasi

1. Buatlah direktori baru di hard-disk Anda untuk menampung file software, misalkan C:/Perpustakaan

2. Copykan isi kedua CD ini ke dalam direktori tersebut. Direktori sedikitnya akan berisi file-file berikut:

hjsplit.exe

shamela.exe.001 dan shamela.exe.002, atau

shamela.exe.001 s.d. shamela.exe.009.

3. Jalankan program HJ-Split dengan men-doubleclick file hjsplit.exe

Klik tombol Join

Klik tombol Input File

Pilihlah file "shamela.exe.001" (file yang lain akan terdeteksi secara automatis). Klik tombol Start, tunggu beberapa menit (bisa jadi sampai 1 jam, bergantung pada kecepatan komputer). Sebagai hasil, akan muncul satu file baru "shamela.exe" (inilah file aselinya).

4. Jalankan file "shamela.exe". Ubahlah "Destination Folder" bila diinginkan. Kemudian klik tombol Install. Maka file ini akan menghasilkan sebuah direktori baru bernama Library, yang berisi file "setup.exe" dan tiga subdirektori lainnya.

5. Jalankan program "setup.exe". Bila diinginkan, ubahlah direktori tempat menyimpan programnya (pada umumnya di direktory "Program Files"). Jika mengikuti default, maka akan terbentuk direktori "Al-Maktabatusy Syamilah" (tertulis dalam teks Arab).

Cara Menjalankan

Setelah semua proses instalasi dilakukan, maka program Perpustakaan Kitab Kuning Digital siap dijalankan.

1. Pada taskbar, klik tombol Start / All Programs.

2. Klik program "Al-Maktabatusy Syamilah" (tertulis dalam teks Arab).

3. Program siap digunakan.

Mengaktifkan Feature Arabic pada WinXP

Untuk mengaktifkan mode arabic pada WinXP biasanya dibutuhkan CD source dari WinXP tersebut.

1. Klik Start / Control Panel / Regional and Language Options

2. Pada tabulasi Languages, pilih check-box yang pertama, yaitu "Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)".

3. Klik OK.

4. Komputer akan menginstall karakter Arab dari CD source WinXP

5. Aktifkan mode arabic melalui Start / Control Panel / Regional and Language Options / Advanced

6. Pilih Arabic, dengan nama negara apa pun asalkan bertuliskan Arabic, misalkan Mesir, Bahrain, Jordan, dsb.

7. Klik OK.

Hak Cipta

Hak cipta "Al-Maktabatusy Syamilah, Al-Isdhar 2" (Pustaka Lengkap, Versi 2) ada pada Al-Meskhat (http://www.almeshkat.info). NU Nihon telah mendapatkan izin tertulis untuk menyebarkan produk ini dengan tujuan non-komersial.

Sumbangsih Anda

Anda dapat ikut menggandakan dan menyebarkan CD "Al-Maktabatusy Syamilah, Al-Isdhar 2" (Pustaka Lengkap, Versi 2) kepada para asatidz, kiai, madrasah, dan pondok pesantren di Indonesia, terutama di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Nahdlatul Ulama Nihon (NU Nihon)

No comments: